Kerusakan TV LG

 

 

No

 

Blok bagian

 

Gejala kerusakan

 

Komponen

1

2

3

4

1

Power supply Indikator Led menyala

Tidak ada raster (gambar) dan suara.

L 802  open

2

Penguat  RGB Suara normal

sinar pada CRT putih terang ada garis retrace  tidak ada gambar.

C 540  kering

3

 Vertikal Suara normal

gambar satu garis horizontal di tengah layar.

FR 301 open

4

Tuner Raster bersalju ( Snow)

tidak ada gambar dan suara.

C 110  short

5

Penguat suara Gambar  normal

tidak ada suara.

FRB 15  open

6

Syinkronisasi  separator Suara normal

Gambar bergerak pada arah vertikal dan horisotal.

C  517  kering

7

Vertikal Suara normal

Gambar membesar  pada arah  vertikal

C  542  kering

8

Penguat  Merah

( Red Amp.)

Suara normal,  ada  gambar raster berwarna  Cyan Transistor Q 901

basis-emitor short

9

Penguat  Hijau

( Green Amp. )

Suara normal,  ada  gambar raster berwarna  Magenta Transistor  Q 903

basis- emitor short

10

Penguat  Biru

( Blue Amp.)

Suara normal,  ada  gambar raster berwarna  Kuning ( Yellow ) Transistor Q 902

basis – emitor short

1

2

3

4

11 Vertikal

 

Suara normal ,

Gambar terbalik pada  arah vertikal.

Kabel deflection

yoke vertikal

terbalik

12 Horisontal Suara normal ,

Gambar terbalik pada arah  horisontal.

Kabel deflection

yoke horisontal

terbalik

13 IF Sound Suara tidak ada , bunyi desis pada spaker

Gambar  normal

C 504  kering
14 Reproduksi warna

( Croma )

Suara normal

Gambar  tidak  berwarna  / hitam putih

C 533  kering
15 Tabung gambar /

CRT

Suar normal,Gambar perlahan- lahan hilang  dan tidak ada raster. FR 932 Open
16 IF video amplifier Suara kadang kadang ada kadang kadang  tidak tidak,

Gambar  tidak  dapat  dilihat  dengan jelas / terganggu.

Q 101
17 Video  amplifier Suara  normal.

Gambar  kurang terang / redup.

C 530  Kering
18 Vertikal Suara normal,

Gambar  menyempit  pada arah  vertikal

bagian  atas dan bawah

C 313 Kering
19 Horisontal Suara  normal.

Gambar   satu  garis  vertikal  di tengah layar

C 412 kering /

Def Yoke Hor. Open

20 Penguat Biru Suara  normal,

raster  dominan warna  biru , gambar terlihat  kurang  jelas

Tegangan  IC

Pin     kurang

 

No

 

Blok bagian

 

Gejala kerusakan

 

Komponen

1

2

3

4

1

Power supply Indikator Led  menyala

Tidak ada raster (sinar  pada CRT ) dan tidak  ada  suara.

L 802  open

2

Penguat  RGB Suara normal

sinar pada CRT putih terang ada garis retrace  gambar tidak  terlihat  dengan jelas.

C 540  kering

3

 Vertikal Suara normal

gambar satu garis horizontal di tengah layar.

FR 301 open

4

Tuner Tidak ada gambar dan suara.

Raster bersalju ( Snow)

C 110  short

5

Penguat suara Gambar  normal

Tidak ada suara.

FRB 15  open

6

Syinkronisasi  separator Suara normal

Gambar bergerak pada arah vertikal dan horisotal.

C  517 (C 401) kering

7

Vertikal Suara normal

Gambar menyempit   vertikal  pada  bagian  atas  dan  bawah

C  542  ( C316) kering

8

Penguat  Hijau

( Red Amp.)

Suara normal,

Gambar  berwarna  Magenta

Transistor Q 903

basis-emitor short

9

Penguat  Biru

( Green Amp. )

Suara normal,

Gambar  berwarna   Cyan

Transistor  Q 902

basis- emitor short

10

Penguat  Merah

( Blue Amp.)

Suara normal,

Gambar  berwarna  Yellow ( Kuning)

Transistor Q 901

basis – emitor short

1

2

3

4

11 Vertikal

 

Suara normal ,

Gambar terbalik pada  arah vertikal.

Kabel deflection

yoke vertikal

terbalik

12 Horisontal Suara normal ,

Gambar terbalik pada arah  horisontal.

Kabel deflection

yoke horisontal

terbalik

13 IF Sound Suara  kurang keras ,  bunyi desis / noiis pada spaker

Gambar  normal

C 504 kering

/ Q 501

14 Reproduksi warna

( Croma )

Suara normal

Gambar  hitam putih  ( tidak  ada warna)

C 533

/ C503  kering

15 Tabung gambar /

CRT

Suar normal,Gambar perlahan- lahan hilang  dan tidak ada raster. FR 932 Open
16 IF video amplifier Suara kadang kadang ada kadang kadang  tidak tidak,

Gambar  tidak  dapat  dilihat  dengan jelas / terganggu.

Q 101 Short
17 Video Amplifier

ABL(Automatik Brigness  limiter )

Suara  normal.

Gambar  kurang terang / redup.

C 530  Kering
18 Vertikal Suara normal,

Gambar  berwarna  dan   timbul  beberapa garis  pada  bagian  atas layar

C 309 Kering
19 Horisontal Suara  normal.

Gambar   satu  garis  vertikal  di tengah layar

C 412 kering /

Kabel Def Yoke Hor. Open

20 Penguat Biru Suara  normal,

Raster  dominan warna  biru , gambar terlihat  kurang  jelas

C 904  / Q901 Short
Iklan

109 comments on “Kerusakan TV LG

  1. Anonim berkata:

    maaf mas kalo tv LG saya ada beberapa garis horizontal bagian layar kiri dan kan, garisnya itu bergerak naik turung, suara bagus

  2. Anonim berkata:

    tv lgg led saya muncul garis vertical mohon penjelasanya

  3. Anonim berkata:

    untuk l 802 open kira2 bisa saya beli dimana yah,,n harga kalo boleh tau,,makasih banyak

  4. sur berkata:

    mas bro. suara normal, tpi layar gelap..apane kwii

  5. geo berkata:

    mas tv lg gmbr ats ad satu garis terlipat vert jk gmbr di saat terang,mohon di bantu

  6. Free berkata:

    mas kalau tv lg saya 29 pearl black, warna RGB normat tapi background cenderung warna biru dan agak kemerahan, apanya yang rusak ya mas..? Please Help. Tanks Free

  7. Jaen berkata:

    LG 21FU3RD warna merah,biru dan kuning tidak nyatu.kira2 apanya om.

  8. epen berkata:

    mas bro’ kalau tv lg saya 29 pearl black, warna RGB normat tapi background cenderung warna kuning (dominan Kuning), dari servivce center LG katanya tabung yang lemah,.. selain tabung kira2 apanya yang rusak ya mas..? Please Help. Tanks Free

  9. Anonim berkata:

    mas tv LG sudah saya ganti c18n/2kv sama c6090 masih jebolin tr horizontal dah ganti plybackny juga masih jebolin tr horizantal mohon saranya mas?

  10. WILLIAM berkata:

    c183/2kv dan c6090 horizontal sudah diganti. Jadi, tv sdh hidup normal tapi c6090nya panas kemudian jebol(lamanya sekitar 3 menit) begitu seterusnya. Mohon balasannya ? Trims

  11. Anaz berkata:

    Om sy ada keluhan Tv Lg RD21FB7OR playback keluar percikan api gmbr normal tp bgtu sy gnti playback tv jd mati indikator led hdp mhn bantuannya om trima ksh

  12. Anonim berkata:

    mas bro tv lg saya yg 42… itu ada muncul garis2 horizontal pada gambarnya, kadang2 bida ilang juga tu garis.. tolong penjelasannya mas bro.. thx

  13. Zein berkata:

    Salam kenal. Terima kasih infonya. Saya juga mendapati tipe C6093 ‘palsu’. Mungkin tipe C609x banyak yang dipalsukan ya. Kalau saya, saya diganti C5386 punya Sharp.

  14. Kang puji ompong berkata:

    Dioda dumper lg slim sering mati apanya ya yg rusak

  15. joko berkata:

    mas ak pny tv lg 29″ gmbr putih bergaris suara normal kira-kira apnya ya sblmnya rusak tr hor dan kapasitor 183j/2 kv mohon pencerahannya ma kasih

  16. putri berkata:

    tv lcd saya ga keluar gambar dan suara,lalu channel semuanya hilang 32” model 32LK311-TB seri 106INMF99419

  17. ajay berkata:

    mas kalo lg 21″ pearl black gambar menyempit kiri dan kanan tp atas dan bawah melebar tolong penjelasannya mas

  18. Anonim berkata:

    kalo tv lg mati total lampu power gak hidup gimana kawan…

  19. Anonim berkata:

    solusi tv lg garis horisontal dan playblek mencuit

  20. Anonim berkata:

    solusi tv lg,21FU3RL garis horisontal dan playblek mencuit kira2 pany?

  21. Anonim berkata:

    tolong bantuannya resistor wrn abu hijaw brp kilo

  22. reka berkata:

    tolong minta batuan mas, tv lg blank putih tidak ada gambar dan suara, hanya tampil display di layar

  23. ukka berkata:

    Mas tvlg plasma 42 saya ,gambar kemerahan suara hilang ,bagaimana mas ya,

  24. fifin nurcholis berkata:

    Knp ya tvq led punyaq gambar tblik arah fertikal

  25. Erick berkata:

    Ass,,,,,,,
    slamat siang semua,,maaf aq orang baru dan awam,,bila mau ikutan gabung ada izin ndak ya?????
    Forum indah tuk saling berbagi
    —-makasih—-

  26. Anonim berkata:

    mas tv sya vertikal sebntr doank,suar gk ad,lalu mti lg ke stanby ap ny tlong di bntu

  27. Anonim berkata:

    Mas ,21fu3rd ga ada bintik gelap tpi kalau dipiji menu angka dan aksara normal apa nya ya

  28. Istiyah Rosida berkata:

    kerusakan TV LG protek gagal star, VCC audio udah dilepas, IC vertikal udah diganti dan keadaan.nya dingin, sempat keluar garis horizontal terus kembali ke posissi stand bye. tolong berikan solusi kerusakan bagaimana.

  29. Bejo berkata:

    Asslm..Mas…salam kenal,ni bejo servis depok 2,sy ada kerjaan tv LG 21SD1RD,keluhannya tv normal tp ada garis mendatar putih diatas,klu screen dikecilin garisnya hilang…apanya yg rusak mas…minta pencerahannya trmksh..wasslm

  30. Madi berkata:

    Assalamulakim, Tv LG suara normal tetapi tidak muncul gambar hanya cahaya putih, beberapa kali gambar muncul normal setelah itu muncul cahaya putih, giamana ya solusinya. terimakasih. Wasalam

  31. ferdi berkata:

    numpang tanya min…tv lg golden eye 20″ gambar nggak muncul ssuara normall…tp kalo ku ganti pakek crt 14″ kok normallgambar ada…
    tp crt yg 20″ kupakai mesin cina jg normalll…apanya minn???

  32. defina damayanti berkata:

    nanya bos,…kalau tv lg soundmax stanby sendiri dan tidak berwarna. apanya? kira2 makasih.

  33. bayu berkata:

    saya ada tv LG 21FU6RL, gejalanya pas di on kan cuma ada garis tengah terang mendatar aja. kemudian mati stand by. seperti ke-protek… begitu seterusnya.. sudah sempat ganti ic vertikal, namun hanya nyala normal sebentar kemudian mati dan kembali seperti gejala sebelumnya.. mohon pencerahannya gan,,, terima kasih..

  34. Anonim berkata:

    Mas Kalo tv lg 22ls2100 mati saat di nyalakan (keadaan listrik di colok) dan lampu power gak menyala merah itu kerusakan apa ? Terima kasih

  35. Putra williz berkata:

    Mas tv saya LG 32′ warna program di layar masih warna lengkap tapi warna gambar jadi hitam putih. Bagaimana solusinya dan apa yg perlu di ganti… Makasih.

  36. Fari berkata:

    Gmna klo layar putih.. Tpi ada suaranya..

  37. abd rahman berkata:

    saya pnya servisan tv lg pearl black 21sa1ag 21″ muncul garis horizontal di atas layar sudah cek ic vertikal bagus elco yang gembung sudah di ganti tapi garis horizontalnya tak mau hilang juga,mohon bagi ilmunya agan terhormat.

  38. didit prastiyo berkata:

    mas tanya tv saya lg 32 led suwara ada tapi gambar terbalik kira kira apanya ya mas , suwon

  39. Nadya berkata:

    Mas tv sy LG LED 32LN5100 ada suara jernih ga ad gambarnya ,, knp ya?

  40. aditya dai berkata:

    Mas Saya Punya Tv lg slim. Kerusakan nya jika di Naikan terng nya Pda playbak ad garis vertical di Atasnya Yg Timbul?
    Kira” Ap Yag Harus Saya Ganti mas?

    Slm Knl Dri manado.

  41. Anonim berkata:

    TV.LCD Gambar diatas normal di bwah garis garis horisontal

  42. Anonim berkata:

    FR Apakah ada Nilainya Bosss Trim

  43. selamat pagi.tv led saya 32ln5100 gambar terbalik..bagaimana mengatasinya?

  44. Dodo berkata:

    Gan led 42lb550a_ta di layar nya ada bulatan putih solusinya gimana cara memperbaiki nya atau apakah diganti gan
    Makasih

  45. fajri berkata:

    Kalau bercak warna putih kenapa ya…

  46. rahman berkata:

    Gan mo tnya TV LG 32LK311-TB saya gambar di atas bagus tapi gambar di bawah (1/3)ga jelas,telat. Warnanya ada kira2 apanya ya gan mohon pencerahan.makasih..

  47. dion hendry berkata:

    Mas Tv LG Tabung, suara keluar normal tapi layarnya putih aja.
    penyebabnya apa dan yg harus di ganti apa.
    terima kasih.

  48. Fatkhan berkata:

    Tv saya LG 21SA1AG
    Suara normal.gambar normal.kendala ada beberapa garis kecil horisontal itu problem komponennya apa ya Pak?

  49. yayat supriatna (iwa) berkata:

    Tv LG saya
    Redup layar tertutup seperti tirai dari bawah ke atas,namun jika di diamkan setengah jam kembali normal kemudia kumat lagi seperti tirai dari bawah ke atas
    Suara normal,remote normal jika di pindah chanel

  50. indri berkata:

    Tv LED LG saya ada titik2 cahaya putih,awalnya cm ada 3 titik saja tp sekarang ada 12 titik,suara normal,gmbr jg bgs,,cm ada titik2 chy itu.kira2 apanya ya,,

  51. Mega lutfiasari berkata:

    Sore mas. Maaf sy mau tanya TV LED sy LG 32″ blm ada 1thn baru bbrpa bulan pemakaian. Sejauh ini tidak ada kendala, tp sudah 3 hr ini muncul sinar seperti laser berwarna putih terang. Sy pikir masalah di stasiun tv/antena tp pada saat ganti chanel pun ttp ada l. keadaannya sangat menggangu mata, silau dan tidak nyaman dilihat. tolong bantu jelaskan ya mas

  52. yanto berkata:

    suara normal volume normal gelap gambar menyempit atas dan bawahada ditengah mendatar

  53. met siang…Mas tv saya LED LG 24 inc .gendala dilayar bawah bergaris horisontal dan sebelah kiri layar ada semacam Tompel Hitam.tolong bantu penjelasanya trimsk

  54. dindan berkata:

    Maaf mas
    ..tv saya led lg 32″…ada bercak putih di layar tadi nya hanya 1 bercak sekarang da ada 3…solusi nya gmn mas …terimakasih

  55. Sono berkata:

    Mas..a tv saya 14 tabung suara normal tapi gambarnya putih tok tak av yo putih apanya ya kira2 bro…

  56. Peri berkata:

    Tv saya lg ada titik” cahaya putih 3.

  57. Anonim berkata:

    Led saya indikator dan sura ada tpi tidak ada gambar samaskali

  58. putri berkata:

    Maaf mas mau nanya, tv LG saya yg lcd saat dinyalakan ada bulatan putih di layarnya.. Bgmn cara menghilangkannya ya mas..?? Mohon balasan jawaban nya mas..

  59. Anonim berkata:

    Maaf saya mw tanya . Saya punya lg lcd tv 24 tipe lg rusak pada touchscreen menu power dll . TLg solusinya

  60. ahamad rifqi berkata:

    Ada suara, gambar ada tapi ga ada cahayanya itu kenapa ? ..

    Tolong bales yaa ..

  61. Peri berkata:

    Maaf mau nanya tv led saya ada bercak putih, awalnya ada 3 skrng bertambah jdi 9.

  62. tonny berkata:

    Tv lcd lg saya ada garis berwarna hijau garis lurus di sampinggnya kenapa ya. Mohon di bantu mas. Terima kasih

  63. rifqi berkata:

    Mohon bantuannya mas
    Tv saya ada titik2 putih kayak laser, awalnya cm satu skrg jadi 2. Kira2 apanya ya??

  64. irwansyah berkata:

    Mas tv lg saya keluar titik cahaya putih apa masalahnya,,,mohon bantuanya,,,thx

  65. Dahlan berkata:

    Maaf mas tv lg 32lf55 led suara normal gambar normal tapi di layar ada titik2 putih awalnya satu lama2 nambah satu persatu skrang udah ada 8 buah bagaimana solusinya

  66. aldo berkata:

    Tv ngk bisa di remot dan indikator infraret tidak muncul knpa dan…

  67. julianto berkata:

    Mas TV lg 32ln5100 saya suara normal tapi gambarny tidak Ada alias gelap.bagian komponen mananya ya Yang rusak.kasih tau doing secara detail.trima kasih

  68. hery berkata:

    TV LG saya muncul bercak terang pada layarnya tadinya satu skrng sudah ada lima titik, solusinya gmana?

  69. Anonim berkata:

    dilayar TV saya muncul bercak terang, tadinya cuman 1 sekarang ada 5 titik, gmana solusinya?

  70. rachmatgunturdp berkata:

    Selamat sore mas…TV LG 32LB550 milik saya terdapat 4 bintik putih di LCD nya…terdapat kerusakan apa dan bagaimana saya menanganinya?

    Terimakasih

  71. Fery berkata:

    Gmn cara menghilangkan bintik putih pf tv LG LED sya mas?

  72. romi berkata:

    Mas tv saya led LG 60inch
    ada dua bintik putih di tngah lyar yg sangat terang sbsar ujung jari,apa ya mas??
    Nmun ktika background gelap bintik hilng n semkin ada bckground trang bintik smkin nyata??
    Apa slusinya mas?

  73. yanto berkata:

    brou kalau tv sya di layar nya ada 5 titik sinar di tengah tengah itu apa nya yang harus di setel.

  74. Eri berkata:

    Cahaya putih sebesar dia 1 inci
    pada layar tv LED

  75. Bejo berkata:

    Ada spot putih dilayar, opo kuwi

  76. Rendy berkata:

    Mohon maaf
    Tv saya LED LG
    Ada bintik putih
    Yg awalnya cma 3 lama kelamaan beranak pinak skrng jd 6 titik
    Sepertinya kasus bintik putih di TV dialami semua pemilik TV LG
    Solusinya apa ya n kmp bisa bgtu
    Terimakasih jika dibalas n dksh solusi

  77. Indra berkata:

    Mav sy mau tanya tv sy merk lg 32 in ada sinyal putih seperti bulan di pinggir layar.itu knp ya?mhon penjelasannya.thx

  78. Anonim berkata:

    Kalo cuma ada bulatan putih di layar gimana ?

  79. arik berkata:

    Bos mau tanya tv lg tabung 21 in gambarrnya ada bayangan biru2 apanya
    Makasih sebelumnya

  80. maaf gan sya mo nanya tv lg 21 layar bergaris garis di atas ap ny y elco dah sya ganti semua icvertical jg ikut gnti masih sja mhn bntuan ny gan

  81. Anonim berkata:

    bos saya mau nanya…?tv lg 14″suara normal tapi pada layar gambar tidak jelas tidak menyatu warnanya merah biru kuning.. solusinya apa bosss,?trimakasih sebelumnya.

  82. Rudi Johan berkata:

    YANG PUNYA BLOG GAK JAWAB KARENA GAK BISA

  83. zani gesl berkata:

    mas tv led saya nyala normal tapi kalau sudah sekitar 1 jam tiba-tiba suara hilang dan lama lama gambarpun hilang mohon penjelasannya

  84. Reinita berkata:

    kalau TV lg lednya pas di nyalahin ada cahaya warna putih terang bentuknya bulat ada 2 bulatan cahaya di TV nya.. Itu knp ya

  85. budi berkata:

    Sya mau taxa tv lg slim ad gmbar tpi kbiruan rgb bagus yg psti apaxa bos

  86. Ghuusssholah berkata:

    Bro tv lg 40″ada garis kuning horisontal sebesar lidi,suara normal kenapa ya…kl servis kira2 berapa ongkosnya…

  87. agus berkata:

    Mas bro mau tanya tv aya gambarnya dominan biru kira” apanya yg rusak ya

  88. Bayu berkata:

    Led merek LG punya saya..suara ada.gambar tak timbul.cahaya ada..solusinya apa mas..mohon balasanya…

  89. kino berkata:

    tv aku lg 21″ layarnya cuman sebelah kiri aja..
    makash duluan mas

  90. Bayri abdi berkata:

    Mas tv led lg 32 inch agak kebiruan mas gimna solusinya thank bro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s